Annagraciana's Blog

Pendekatan Integratif (Terpadu)

Posted on: September 22, 2010

Pendekatan integratif atau terpadu adalah ancangan (kebijakan) pembelajaran bahasa dengan menyajikan bahan ajar secara terpadu, yaitu dengan menyatukan, menghubungkan, atau mengaitkan bahan ajar sehingga tidak ada yang berdiri sendiri atau terpisah-pisah.

Pendekatan ini terdiri atas dua macam, yaitu:

  1. Integratif internal(terpadu intrabidang studi bahasa),
  2. Integratif eksternal(terpadu antarbidang studi)

Kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan integratif internal adalah sebagai berikut:

  1. Pembelajaran membaca sebagai fokus dapat dilakukan terpadu dengan menghubungkannya atau mengaitkan dengan pembelajaran kosakata, struktur, menulis, dan berbicara.

Skenario pembelajarannya adalah sebagai berikut:

  • Siswa membaca dalam hati.
  • Siswa menjawab pertanyaan isi wacana.
  • Sambil membaca, siswa ditugaskan untuk mencatat kosakata(kata-kata sulit, ungkapan, gaya bahasa, sinonim, antonim, dan sebagainya).
  • Setelah mencatat kosakata, siswa ditugaskan untuk mencatat atau mencari jenis kata dan bentuk kata yang berhubungan dengan pembelajaran struktur yang dibahas pada waktu bersamaan.
  • Siswa berdikusi untuk menentukan pikiran pokok setiap paragraf.
  • Selanjutnya siswa menulis ikhtisar dari pikiran pokok-pikiran pokok yang ada di setiap paragraf.
  • Siswa membacakan ikhtisar wacana di depan kelas secara bergiliran.
  • Guru memberi komentar tentang penulisan ikhtisar dan memberi penilaian terhadap hasil kerja siswa.
  1. Pembelajaran menyimak sebagai fokus dapat dilakukan secara terpadu dengan mengembangkannya atau mengaitkannya dengan pembelajaran apresiasi sastra, berbicara, dan menulis.

Skenario sebagai pembelajaran adalah sebagai berikut:

  • Guru menyediakan salah satu karya sastra, misalnya sebuah cerpen lalu membacanya, sedangkan siswa menyimaknya dengan baik.
  • Guru menjelaskan isi cerpen, sedangkan siswa menyimak dan menanggap.
  • Setelah menyimak, siswa mengungkapkan ciri-ciri intrinsik atau extrinsik dari cerpen tersebut.
  • Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai unsur intrinsik dan extrinsik dari cerpen tersebut.
  • Siswa menuliskan kembali isi cerita cerpen dengan menggunakan bahasa sendiri.
  • Siswa menyamaikan cerita cerpen yang dibuatnya dengan menggunakan bahasa sendiri di depan kelas.
  • Guru menanggapi dan menilai pekerjaan siswa.

  1. Pembelajaran menulis sebagai fokus dapat dilakukan secara terpadu dengan mengembangkannya atau mengaitkannya dengan pembelajaran membaca, menyimak, dan berbicara.

Skenario pembelajarannya adalah sebagai berikut:

  • Guru menyediakan naskah pidato sebagai contoh materi dan siswa membacanya dalam hati.
  • Setelah membaca, siswa menyimak penjelasan guru tentang materi cara/aturan langkah menulis pidato.
  • Siswa mencoba menyusun naskah pidato yang sesuai dengan aturan dan langkah-langkah yang diterangkan guru.
  • Siswa mencoba membawakan naskah pidato di depan kelas secara bergiliran dan siswa yang lain menyimak.
  • Guru menanggapi dan menilai hasil kerja siswa.

  1. Pembelajaran berbicara sebagai fokus dapat dilakukan secara terpadu dengan menghubungkannya atau mengaitkannya dengan pembelajaran membaca, menyimak, menulis, kosakata, dan apresiasi karya sastra.

Skenario pembelajarannya adalah sebagai berikut:

  • Guru menyediakan naskah drama dan siswa membaca drama secara bergiliran. Sementara itu siswa yang lain menyimak.
  • Setelah membaca naskah drama, siswa mengungkapkan unsur-unsur drama, sedangkan guru memberikan penjelasan.
  • Siswa mencoba membawakan dialog naskah drama di depan kelas.
  • Siswa lain mengamati cara berdialog dengan intonasi dan gerak mimik sesuai dengan watak pelaku dalam drama tersebut.
  • Siswa mencoba menulis dialog naskah drama.
  • Guru menanggapi dan menilai siswa dalam membawakan dialog naskah drama.

Kegiatan belajar-mengajar yang menggunakan pendekatan integratif eksternal adalah sebagai berikut :

  1. Pembelajaran membaca sebagai fokus dapat dilakukan secara terpadu dengan menghubungkannya atau mengaitkan dengan bidang studi lain. Misalnya materi wacana yang bertemakan pertanian, judulnya “Sistem Pertanian di Bali”.

Skenario pembelajarannya adalah sebagai berikut:

  • Siswa membaca dalam hati wacana yang bertema lingkungan yang berjudul “Sistem Pertanian di Bali.”
  • Setelah membacawacana, siswa melakukan tanya-jawab dengan guru tentang isi wacana.
  • Siswa mencatat kata-kata sulit dan istilah yang berhubungan dengan bidang pertanian.
  • Guru menjelaskan isi wacana dan istilah pertanian dan menghubungkannya dengan bidang studi lain dan membahasnya dengan bahasan yang relevan dengan isi wacana, misalnya bidang IPS/IPA.

  1. Dalam pembelajaran apresiasi sastra sebagai fokus dapat dilakukan secara terpadu dengan menghubungkannya atau mengaitkannya dengan bidang studi yang lain. Misalnya materi cerpen yang bertema kesehatan judulnya, “ Mbah Danu Dukun Kampung.”

Skenario pembelajaran berlangsung sebagai berikut:

  • Siswa membaca cerpen yang bertema kesehatan dengan judul, “Mbah Danu Dukun Kampung.”
  • Setelah membaca cerpen, siswa mengungkap unsur-unsur yang terkandung di dalamnya, yaitu tema, alur, latar, pelaku, dan amanat.
  • Guru menjelaskan unsur-unsur cerpen dan alaur yang terkandung didalamnya. Pada saat menerangkan alur(konflik) atau pelaku(perwatakan), guru membahas bidang studi lain yang relevan dengan isi cerpen, misalnya bidang pendidikan agama atau PPKN.
  • Ketika menjelaskan unsur tema dan amanat, guru dapat menghubungkannya dengan bidang studi lain yang relevan, yaitu penjas atau IPA.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: