Annagraciana's Blog

Merkurius

Posted on: October 1, 2010

Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari. Ukurannya sangat kecil bahkan lebih kecil dibandingkan dengan beberapa satelit kecil dari planet-planet. Dengan ukuran yang seperti ini maka Merkurius sulit dilihat tanpa menggunakan teleskop. Akan tetapi bisa dilihat saat Matahari baru terbenam atau sebelum terbit. (Kalau dibayangkan saat langit berwarna remang-remang gitu).

Jarak Merkurius dari Matahari tidak selalu sama karena planet ini mempunyai orbit yang sempit memanjang seperti bentuk lemon. Gerakannya pun sangat lamban. Satu hari di Merkurius sama dengan 59 hari di Bumi. Sehingga Merkurius memerlukan 587 hari Bumi untuk berotasi pada porosnya dan 88 hari pada orbitnya.
Satu bagian di planet ini selalu mendapat cahaya dari Matahari lebih lama sehingga suhu siang hari mencapai lebih dari 350 derajad C. (Kira-kira suhu ini cukup untuk melelehkan kaleng dan timah. WOW!!) Namun, bagian lain yang malam hari suhunya bisa -17 derajad C.

Permukaan Merkurius mirip seperti bulan. Merkurius mempunyai kawah-kawah dan jurang berbatu serta tidak mempunyai satelit serta atmosfer. (NO PROTECT!!)permukaan merkurius

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Categories

%d bloggers like this: